Lalu saya memberikan
informasi berkaitan kegiatan pembelajaran sebagai berikut :
1.
Untuk membuktikan
faktor besarnya energi potensial dapat dilakukan dengan meletakkan posisi kelereng
pada ketinggian tertentu (dengan cara menggeser papan gerak). Semakin tinggi
posisi kelereng maka semakin besar energi potensial yang dimilikinya. (Ep=mgh)
2.
Secara fisis, semakin
besar efek bunyi yang diakibatkan (benturan kelereng dengan plat besi/dasarnya),
maka energi yang menyebabkan bunyi pun semakin besar pula.
3.
Untuk membuktikan
faktor besarnya energi kinetik dapat dilakukan dengan
mengamati gerak kelereng. Semakin dekat dengan plat besi, kecepatan kelereng
semakin besar sehingga energi kinetik yang dimilikinya pun semakin besar pada
titik tersebut. (Ek=1/2mv2)
4.
Untuk mendapatkan
kecepatan yang besar, posisi awal kelereng diatur sehingga jaraknya semakin
jauh dengan alasnya, hal ini memungkinkan terjadinya percepatan sehingga
semakin ke bawah kecepatan semakin besar.
5.
Siswa dibimbing untuk
memahami konsep bahwa Energi Mekanik = Energi Potensial+Energi Kinetik atau EM
= Ep + Ek
6.
Guru memberikan
pemantapan konsep bahwa besarnya energi mekanik selalu tetap.
Dengan menggunakan alat peraga sederhana ini,
saya lebih mudah memberikan pemahaman kepada siswa mengenai materi energi
mekanik di kelas. Dan tentu saja, siswa lebih bersemangat belajar Fisika karena
proses pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Semoga Bermanfaat~ :)
0 komentar:
Posting Komentar